YOUTH OF ROOTS

Band roots reggae Jepang yang terkenal di dunia, YOUTH OF ROOTS, terus membawa energi baru ke kancah reggae Jepang sambil membangun pengalaman mereka di Jamaika. Wawancara ini membahas perjalanan mereka. Di bagian pertama ini, kami menggali awal mula band, anggotanya saat ini, dan pengalaman tur mereka. Di bagian berikutnya, kami akan membahas album mereka “LOVE IS THE ANSWER”, bagian ini kami mengajak mereka menjelaskan keistimewaan lagu lagu dalam album tersebut.

YOUTH OF ROOTS

Titik Awal hingga Kini

Bisakah anda memperkenalkan anggota band?

KON RYU: Saya KON RYU, gitaris sekaligus vokalis. Senang bertemu dengan Anda.

KENTARO: Saya KENTARO, saya memainkan gitar dan vokal latar.

SATOSHI: Saya SATOSHI, saya bermain gitar.

KON KEN: Saya KON KEN, vokalis latar, bassist, dan pemimpin band.

KIWAMU: Saya KIWAMU, dan saya memainkan perkusi.

Bisakah anda menceritakan bagaimana YOUTH OF ROOTS dimulai?

KON RYU: Saya mulai bernyanyi sekitar tahun 2009, tetapi YOUTH OF ROOTS secara resmi dibentuk pada tahun 2016.

KON KEN: Ya, 2016. Sebelum itu, kami adalah bagian dari band pengiring yang disebut “Kobushi POWA Band,” mengorganisir acara seperti membawa artis ke tempat-tempat lokal seperti rumah pantai Oasis. Selama waktu itu, RYU kadang-kadang bernyanyi sambil memainkan MPC atau gitar saat mendukung acara. Kami sedang bereksperimen dengan gaya band reggae. Akhirnya, RYU mulai menciptakan lagu, dan kami merasa lebih baik jika band ini diberi nama yang berfokus pada generasi berikutnya. Saat itulah kami muncul dengan nama YOUTH OF ROOTS di antara beberapa pilihan nama lainnya.

KON RYU: Betul. Ketika saya memutuskan untuk menjadi vokalis utama, kami secara resmi menjadi YOUTH OF ROOTS.

Mengapa membentuk band roots reggae?

KON RYU: Semuanya dimulai pada tahun 2014 ketika saya pertama kali pergi ke Jamaika dan terpesona oleh roots reggae. Saat itu, CHRONIXX, PROTOJE, JESSE ROYAL, dan lainnya memimpin gerakan kebangkitan reggae. Salah satu penampilan live oleh RAGING FYAH, sebuah band yang memainkan gaya itu, meninggalkan kesan kuat pada saya.

Di Jepang, ada band roots reggae bernama OISO ROCKERS. Saya pergi ke pertunjukan live mereka bersama KON KEN, yang dipanggil sebagai insinyur dub mereka, dan saya terkejut dan senang melihat bahwa ada juga skena roots reggae di Jepang.

KON KEN: Ya, dan perlahan-lahan, kami mulai diundang ke lebih banyak acara. Orang-orang yang melihat kami akan mengundang kami untuk tampil, dan aktivitas kami berkembang sedikit demi sedikit.

Lalu, anggota yang sekarang bergabung setelah itu?

SATOSHI: Saya bermain dengan band OISO ROCKERS, yang disebutkan RYU tadi. Jadi awalnya, saya menonton YOUTH OF ROOTS sebagai penonton. Kemudian, sekitar tujuh tahun lalu, KON KEN mengundang saya untuk bergabung, dan itulah awalnya bagi saya.

KENTARO: Saya bertemu RYU sekitar tiga tahun lalu di Oasis di Hayama, dan kami menyadari bahwa kami memiliki teman yang sama. Setelah itu, kami mulai bermain bersama di studio, dan akhirnya saya bergabung dengan band.

KIWAMU: Saya baru-baru ini bermain dengan band. Sekitar April 2024, KON KEN menghubungi saya, mengatakan bahwa mereka baru saja kembali dari Jamaika dan sedang mengerjakan album. Dia bertanya apakah saya bisa meningkatkan semangat semua orang dan mungkin mencerahkan anak-anak lokal, yang selalu berjalan dengan wajah muram…

KON RYU: Pagi hari, bukan? Mereka selalu ceria setelah pulang sekolah (tertawa).

KIWAMU: Ya, betul. Setiap pagi, anak-anak sekolah dasar ini terlihat seperti pekerja kantoran yang muram dalam perjalanan ke sekolah. Jadi KON KEN bertanya apakah saya bisa melukis sesuatu di dinding studio untuk mencerahkan suasana. Saya sudah melukis bendera singa YOUTH OF ROOTS sebelumnya. Saat saya melukis mural, saya berbicara dengan KON RYU, dan dia menyebutkan bahwa mereka tidak memiliki pemain perkusi. Saya pernah memainkan drum kete dalam gaya Nyabinghi reggae, jadi saya mengatakan bahwa saya ingin bergabung. Dan begitulah saya menjadi bagian dari band.

Bagaimana “YOUTH OF ROOTS TOUR 2024” pada akhir Juni?

KIWAMU: Saya baru saja bergabung dengan band pada saat itu, jadi setiap hari terasa seperti pengalaman luar biasa bagi saya—sesuatu yang tidak pernah saya bayangkan sama sekali. Sebulan sebelumnya, saya tidak bisa membayangkannya. Meskipun saya pernah memainkan drum reggae sebelumnya, KON KEN mengajari saya banyak hal baru. Saya mendekatinya dengan pola pikir pemula, dan berkat energi band dan antusiasme penonton, itu adalah pengalaman yang menggembirakan.

Kamu dipanggil dengan begitu tiba-tiba, bukan?

KIWAMU: Ya, semuanya begitu tiba-tiba (tertawa). Saya tidak pernah melihatnya datang.

KON RYU: Kamu benar-benar menyelamatkan kami! JAH GUIDANCE.

KIWAMU: JAH GUIDANCE dan ITECTION, pasti. Itu benar-benar pengalaman yang luar biasa.

KON KEN: Bagaimana reaksi anak-anak? Ada anak-anakmu di barisan depan, kan?

KIWAMU: Ya, di Tokyo, anak-anak saya sendiri berada tepat di depan saya. Mereka sangat terinspirasi, mengatakan bahwa mereka juga ingin bermusik.

KON RYU: Itu keren!

Apakah ada momen yang sangat berkesan dari tur tersebut?

SATOSHI: Di Fukuoka, saya melihat sesuatu yang istimewa—seorang nenek, putrinya, dan cucunya menghadiri pertunjukan bersama. Di setiap tempat, saya melihat beberapa orang dari generasi atau latar belakang yang berbeda.

KON KEN: Di Fukuoka, sepertinya ada pria dari Afrika yang pernah bertarung dan mengalahkan seekor singa!

KON RYU: Dia benar-benar menikmati pertunjukan, dia berteriak dengan keras!

KON KEN: Kami adalah band yang membuat pria yang bertarung dengan singa itu sangat bahagia (tertawa).

KON RYU: LION PAW, LION PAW!

SATOSHI: Saat kami tampil di tiga lokasi, saya merasa seperti kami tumbuh bersama. Itu adalah pengalaman belajar yang hebat.

KENTARO: Saya berasal dari Kyushu, jadi senang bisa tampil di Fukuoka. Dan seperti yang disebutkan sebelumnya, pertunjukan kami menarik berbagai kalangan usia.

KON RYU: Rasanya seperti semua penggemar yang datang sudah jatuh cinta dengan YOUTH OF ROOTS. Bukan soal membakar tempat itu, tetapi lebih tentang terhubung dengan keluarga kami—mereka yang benar-benar mencintai YOUTH OF ROOTS. Itu memberi saya rasa tanggung jawab. Semua pertunjukan kami adalah headline YOUTH OF ROOTS.

KENTARO: Penonton ikut bernyanyi sepanjang waktu.

KON KEN: Kami merilis album hanya delapan hari sebelum hari pertama tur, jadi kami agak gugup tentang bagaimana penerimaannya.

KON RYU: Tapi orang-orang bernyanyi, bukan?

KON KEN: Ya, dan ketika kami tiba di Tokyo, hampir semua orang bernyanyi bersama. Rasanya benar-benar seperti keluarga YOUTH OF ROOTS yang bersatu. Ada perasaan ‘satu keluarga’ yang kuat.

KON RYU: Yang menarik tentang tur adalah Anda memainkan set dan urutan lagu yang sama tiga kali, sehingga keterampilan MC dan segala sesuatunya semakin terasah. Kami bergabung dengan OGA dari JAH WORKS, dan dia memastikan untuk menyampaikan pesan-pesan kunci dengan sempurna di setiap lokasi. Pesan-pesan itu benar-benar terhubung dengan keluarga. Tur ini penuh makna.

“LOVE IS THE ANSWER.” Bisa ceritakan kenapa memilih judul ini?

KON KEN: Sebenarnya, RYU yang mengusulkan judul ini. Sebelumnya, kami mempertimbangkan untuk menggunakan “YOUTH OF ROOTS” sebagai judul album, sama seperti nama band kami. Namun setelah semua lagu selesai dan kami bisa melihat keseluruhannya, RYU merasa bahwa “LOVE IS THE ANSWER” adalah judul yang tepat.

KON RYU: Saat semua lagu terkumpul, tema muncul secara alami.

Tidak ada single yang dirilis sebelumnya, dan selain “Jamaican Daughter” yang telah diremaster, semua lagu baru direkam. Apakah ada alasan khusus di balik keputusan ini?

KON KEN: Kami sangat ingin merilis lagu-lagu baru. Kami memang mempertimbangkan untuk mengumpulkan beberapa lagu sebelumnya untuk menciptakan nilai, tetapi kami merasa terlalu dini untuk album “best-of”. Jadi, sangat wajar bagi kami untuk terus maju dengan lagu-lagu baru.

Banyak dari lagu-lagu ini telah ditulis tetapi tidak pernah dirilis, seperti “Revelation,” yang ditulis RYU selama tinggal solo di Jamaika dua atau tiga tahun yang lalu, dan “ONE PEOPLE,” yang ditulis untuk proyek video oleh JICA (Japan International Cooperation Agency). Kami menyusun ulang dan memasukkan lagu-lagu itu juga.

Tracklist

Bisa ceritakan tentang lagu-lagu di album ini, dimulai dengan yang pertama, “Deliverman”?

KON RYU: Kami membuat demo lagu ini di Jepang, lalu pergi ke 100Studio dengan Squidly Cole dan Flabba Holt untuk merekam lagu dasarnya. Squidly adalah insinyur, dan kami menyelesaikan overdubs di Jepang setelahnya. (Squidly adalah drummer pendukung untuk keluarga Marley, seperti bersama Melody Makers, dan Flabba Holt adalah bassist terkenal dari Roots Radics.)

Apa alasan memilih ini sebagai lagu pertama?

KON KEN: Kami tidak benar-benar memikirkan urutan lagu saat membuat album. Setelah selesai mixing, kami membuat playlist di iTunes dan memutuskan urutannya dengan mendengarkannya. Pesan “I’ll deliver it to you” mencerminkan judul album, jadi terasa sempurna untuk memulai.

Bisa ceritakan tentang lagu berikutnya, “One People”?

KON RYU: Lagu ini dipesan oleh Relawan Muda JICA. JICA mengirimkan orang Jepang ke seluruh dunia untuk membantu dan mendukung berbagai komunitas. Misalnya, di universitas tempat saya kuliah di Jamaika, JICA menyediakan AC, dan mereka juga mengirimkan seorang guru Jepang.

Setelah saya kembali ke Jepang, saya berkolaborasi dengan guru yang saya temui di Jamaika, dan kami diminta untuk tampil dalam video edukasi untuk JICA. Saya menulis “One People” untuk proyek itu. Videonya bertema “bunga,” dan digunakan sebagai alat pendidikan untuk menunjukkan bagaimana bunga Jepang pergi ke luar negeri dan bunga asing datang ke Jepang. Itulah sebabnya liriknya menyertakan “flowers in full bloom.”

Ceritakan tentang lagu ketiga, “Reggae Music Haffi Play feat. Papa U-Gee, Jr.Dee, Yuten, NANJAMAN.” Apa yang membuatmu memutuskan untuk bekerja dengan Yuten khususnya?

KON RYU: Saya baru bertemu Yuten baru-baru ini. Saya pernah mendengar tentang anak berusia 15 tahun ini yang menyanyikan “Strawberry Girl” di acara live, dan kami bertemu sekitar setahun yang lalu. Kami melakukan sesi Rub-A-Dub bersama, dan saya pikir aliran originalnya luar biasa, jadi saya mengundangnya untuk berkolaborasi. Orang tuanya juga penyanyi reggae, yang membuat saya merasa ada koneksi kuat dengan dia sebagai sesama artis. Sekarang dia sudah 18 tahun, saya percaya, dan kami telah akrab belakangan ini.

KON KEN: Di Jamaika, di pesta reggae, kamu melihat orang-orang muda dan generasi yang lebih tua menikmati musik bersama—tidak ada kesenjangan generasi. Saya pikir suasana itu tercermin dalam lagu ini, dengan artis veteran seperti Papa U-Gee di samping yang lebih muda seperti Yuten dan RYU. Saya percaya bahwa melalui kolaborasi ini, kami bisa menciptakan kembali momen yang saya saksikan di Jamaika di mana penggemar dari semua usia menikmati musik bersama.

Transisi dari Papa U-Gee ke Jr Dee dalam lagu tersebut sangat menarik…

KON KEN: Itu adalah efek delay vokal. Papa U-Gee menjauhkan mic saat dia menyanyi, menciptakan suara “dun-dun-pan-pan”.

KON RYU: Kami semua berpikir, “Itu luar biasa!”

KON KEN: Itu brilian—benar-benar menunjukkan kemampuannya. Hormat, Yaizu Crew, Yaizu Family!

Bagaimana dengan lagu keempat, “Revelation feat. Micah Shemaiah?” Dia pernah berkunjung ke Jepang, bukan?

KON RYU: Ya, dia pernah, tetapi kami membuat lagu ini sebelum itu. Saya terhubung dengannya saat di Jamaika dan memintanya untuk menyumbangkan satu bait untuk lagu ini, dan kami juga bekerja sama di bagian bridge.

Koneksi kami dibuat di “Jamnesia,” sebuah kamp selancar di Bull Bay, Jamaika, yang dikelola oleh Billie Wilmot, kepala Asosiasi Selancar Jamaika dan vokalis Mystic Revealers. Banyak musisi berkumpul di sana, dan pada malam Sabtu, ada pertunjukan live untuk artis yang sedang naik daun dengan band live. Artis seperti Chronixx, Protoje, Lila Ike, dan Jah9 semua mengembangkan keterampilan mereka di sana. Saya mulai hadir setelah diperkenalkan dengan tempat itu, dan di situlah saya bertemu Micah Shemaiah. Kami menulis lirik bersama putra Billie, Inilek Wilmot, yang juga seorang gitaris.

Judul “Revelation” mengacu pada kitab terakhir Perjanjian Baru, Kitab Wahyu, yang juga menyebutkan sosok Haile Selassie. Lagu ini mencerminkan tema tersebut.

Ceritakan tentang lagu kelima, “Like di Emperor feat. Israel Voice.”

KON RYU: Lagu ini dibuat di Jamaika, sama seperti yang bersama Micah Shemaiah. Sekitar tiga tahun lalu, saya pergi ke Jamaika dengan seorang teman selama dua bulan, dan kami menciptakan lagu ini selama waktu itu. Saya bermain gitar, dan Israel Voice mulai bernyanyi. Semuanya terjalin secara alami. Kami tinggal di Aisha House di Kingston pada saat itu, di mana Flabba Holt dari Roots Radics juga tinggal. Kami berteman, sementara saya mengerjakan remix lagu Dennis Brown, atas permintaan Flabba, Ia memberi saya bassline, yang menjadi dasar untuk “Like Di Emperor.” Dia bahkan menambahkan tamborin selama sesi. Itu adalah pengalaman yang luar biasa.

Ceritakan kepada kami tentang trek keenam, “RED – Reggae Every Day – (feat. Kumar).” 

KON KEN: Ya, itu benar. Sekarang dia bekerja sebagai artis solo, tetapi dua mantan anggota Raging Fyah, Anthoy dan Demar, berada di band pengiringnya, Original Fyah, dan mereka masih membawakan lagu-lagu Raging Fyah.

Trek ini muncul karena tahun lalu, Kumar mengatakan dia ingin datang ke Jepang dan tur bersama kami. Namun, karena kondisi tertentu, kami tidak dapat mewujudkannya. Pada saat itu, skena musik roots belum sepenuhnya menyebar di Jepang. Tapi kami adalah penggemar besar Raging Fyah, dan kami sangat ingin melakukan tur bersama, jadi kami memutuskan untuk berkolaborasi dalam sebuah lagu sebagai gantinya, untuk membantu menyebarkan reggae roots lebih luas.

Kami membuat empat trek di Jamaika dan memutarnya untuk Kumar. Dia mengimprovisasi chorus dan verse untuk trek terakhir, dan itulah bagaimana judul “RED – Reggae Every Day” muncul. Kami menulis lirik dalam bahasa Jepang setelah kembali ke Jepang dan merekam overdubs. Anthoy (drum) dan Demar (piano) membantu dalam proses rekaman. Itu luar biasa. Big up Original Fyah, Raging Fyah.

Trek ketujuh, “Wild & Free,” adalah salah satu favorit saya secara pribadi. Jarang melihat band roots melakukan ska, dan itu benar-benar membuat kerumunan skankin’ saat pertunjukan live.

KON KEN: BPM trek ini dekat dengan EDM, dan ini adalah tempo yang secara alami membuat orang ingin berdansa. Itulah sebabnya ska begitu menarik. Ini adalah tempo yang cukup mudah untuk berdansa. RYU menulis lagu ini.

KON RYU: Tapi itu KENTARO yang menyarankan kami mencoba melakukan ska dengan nada minor.

KENTARO: Itu benar. Meskipun hasilnya terdengar sama sekali berbeda dari yang saya bayangkan sebelumnya.

KON RYU: Ya, tetapi itu membuatnya lebih menarik.

Ceritakan tentang trek kedelapan, “Jamaican Daughter (2024 Remaster).”

KON KEN: Versi asli trek ini, dengan campuran Medz, menjadi populer di skena dancehall dan sangat dihargai. Lagu ini berarti banyak bagi kami, dan kami merasa sangat ingin membawanya dengan band kami sendiri. Itulah sebabnya kami merekam ulang lagu ini.

KON RYU: Hormat dan terimakasih, Medz!

Ceritakan kepada kami tentang trek kesembilan, “Port Antonio.”

KON RYU: Lagu ini tentang cinta jarak jauh. Pada tahun 2016, ketika kami pergi ke Jamaika untuk merekam “Theme of Youth of Roots” dan “Reggae Man,” kami merekam lagu ini dalam perjalanan pulang di Bronx, New York, bersama Jerry Harris dari Wackies dan anggota Royal Khaoz. Kami sudah merencanakan untuk masuk studio dengan mereka di New York, jadi saya menulis lagu ini sambil melihat pemandangan Port Antonio dan Ocho Rios di Jamaika. Setelah kami merekam lagu ini di New York, saya tidak puas dengan hasilnya, dan saya sangat ingin merekam ulang vokalnya. Jadi, pada tahun 2022, kami merekam ulang lagu ini di Jamaika untuk menangkap lebih banyak nuansa jarak jauh.

KON KEN: Port Antonio adalah kota yang penuh kenangan bagi saya dari masa muda saya. Ketika RYU dan saya berkunjung ke sana, kami mengunjungi beberapa teman lama, dan pemandangan dalam perjalanan kembali benar-benar meninggalkan kesan. Semua kenangan itu tercermin dalam liriknya.

Ceritakan kepada kami tentang trek kesepuluh, “Everything Good.”

KON RYU: Trek ini direkam di THE COMPOUND dengan beberapa musisi muda berbakat dari Jamaika. Ini adalah lagu yang mengingatkan saya pada perjalanan kami dan mencerminkan pola pikir kami saat itu. Sesi rekaman itu luar biasa. Para anggota yang berpartisipasi luar biasa: Keneil (drummer BUJU BANTON), O’neil (keyboardist KABAKA PYRAMID), dan Nnamdi (mantan gitaris ZINC FENCE REDEMPTION milik CHRONIXX). Sebagian besar musisi Jamaika merekam dalam satu kali pengambilan, jadi bisa merasakan tingkat keterampilan seperti itu secara langsung adalah pengalaman belajar yang luar biasa.

KON KEN: Pergi ke sana dengan band, masuk studio, dan menyaksikan bagaimana musisi Jamaika bekerja—vibe mereka, pernapasan mereka—sungguh menginspirasi. Itu seperti sesi latihan, belajar tentang bass dan gaya bermain Jamaika. Melihat mereka melakukannya dengan sempurna dalam satu kali pengambilan adalah pengalaman yang luar biasa. Itu adalah sesuatu yang hanya bisa dilihat dengan pergi ke Jamaika, jadi itu benar-benar tak ternilai.

Terakhir, bisakah kamu ceritakan tentang trek terakhir, “Kawa no Nagare” (The River’s Flow)?

KON RYU: Lagu ini diciptakan secara alami di tempat penginapan kami, dengan semua orang bersama-sama. Kami sedang bernyanyi dan meditasi, dan lagu itu lahir dari situ.

Ada sebuah ruangan di penginapan tempat kami makan, dan kami sedang mengadakan pertemuan di halaman ketika kami mulai berbicara tentang bagaimana kami membutuhkan lagu yang seperti “Heartbeat”. Saat itulah KON KEN muncul dengan melodi. Dia memainkannya dan berkata, “Mari kita gunakan yang ini,” dan semuanya mengalir dari sana. Saat memikirkan liriknya, kami semua mengerjakannya bersama, dan dalam waktu sekitar dua hari, lagu itu selesai secara alami.

Jadi proses penulisan lagu dimulai secara alami?

KON KEN: Lagu-lagu seperti ini hanya dapat diciptakan ketika inspirasi mengalir. Ketika visi tiba-tiba datang, itu diinput, dan kemudian kami bisa mengeluarkannya.

KON RYU: Ya, kami menyelesaikan lirik melalui pembicaraan dengan semua orang.

KON KEN: Ini adalah lagu yang sangat populer.

Rencana Masa Depan

Bisakah kamu berbagi rencana masa depan kalian?

KON KEN: Ini bukan benar-benar terkait band, tetapi saya ingin mengorganisir acara dansa di mana semua orang bisa bergerak mengikuti musik reggae. Saya pribadi suka menari, tetapi tidak banyak orang yang menari di tempat-tempat seperti bar atau dancehall. Saya pikir berdansa bersama itu sangat menyenangkan. Di Afrika Selatan, Kebra Ethiopia Sound System melakukan barisan tari, dan di Kingston Dub Club, hampir mirip dengan “bon dance” Jepang. Saya ingin menciptakan tempat di mana orang bisa belajar langkah demi langkah, dan akhirnya semua orang bisa menari.

Akhirnya, saya ingin memiliki sound system dan menjadikannya sebagai acara yang sepenuhnya di mana orang dapat memamerkan langkah yang telah mereka pelajari. Ada banyak tim tari hip-hop di luar sana, tetapi saya ingin menciptakan versi reggae, sesuatu seperti “bon dance” di mana semua orang bisa bersenang-senang menari bersama. Saya sudah mulai menghubungi orang-orang yang mungkin ingin berkolaborasi. Saya ingin menyebarkan budaya roots melalui tarian dan bersenang-senang sambil melakukannya. Saya percaya bahwa pesan tersebut akan tersampaikan dengan cara itu. Idealnya, kami ingin berbagi ruang di mana orang dapat terhubung dengan suara dan meditasi.

KON RYU: Kami sudah mulai brainstorming ide dan merekam trek dub yang mudah untuk ditarikan, dengan pikiran ini. Semua anggota setuju, jadi kami ingin mewujudkannya secepat mungkin.

Sepertinya musik kalian juga mulai mendapatkan pendengar di luar negeri.

KON KEN: Ya, itu benar. Trek kami telah muncul di tangga lagu di Asia dan Amerika Selatan, dan “Strawberry Girl” menjadi populer di Hawaii dan Kanada. Di Republik Ceko, “Step Outta Babylonia” bahkan menduduki peringkat pertama. Saya rasa alasan kami mendapatkan perhatian di seluruh dunia adalah karena kami melakukan reggae yang tulus. Itulah kekuatan reggae.

KON RYU: Di masa depan, kami ingin tampil secara live tidak hanya di Jepang, tetapi juga di luar negeri.

Pesan Untuk Teman

KENTARO: Kami berharap dapat menjangkau lebih banyak tempat di Jepang, termasuk tempat-tempat yang tidak sempat kami kunjungi selama tur solo kami.

KON RYU: Kami sangat berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung kami. Kami akan terus menyajikan musik reggae, jadi terima kasih sebelumnya atas dukungan kalian yang terus berlanjut.

KIWAMU: Saya sadar bahwa banyak orang belum mengenal saya, tetapi saya merasa bahwa pesan YOUTH OF ROOTS adalah sesuatu yang dibutuhkan di dunia saat ini. Musik roots membantu kita kembali ke kodrat asli kita sebagai manusia, dan saya berharap kami dapat terus memperdalam pesan itu.

SATOSHI: Saya menyukai setiap lagu YOUTH OF ROOTS, jadi saya akan sangat senang jika orang-orang bisa mendengarkannya berulang kali.

KON KEN: Masa depan terus datang setiap hari. Saya sangat berharap semua orang menemukan kebahagiaan. Saya percaya itu akan mengarah pada One Love. Mari kita berdoa untuk perdamaian dengan hati yang penuh cinta. One Love, Jah Rastafari.

(Wawancara oleh Takashi Watanabe dan Reggae Zion)

source