Lakukan 5 Cara Ini Agar Baterai Smartphone Tetap Awet

Ilustrasi orang sedang bermain smartphone

Penggunaan smartphone (ponsel pintar) di tengah masyarakat, semakin meningkat. Hal ini terjadi karena smartphone dapat dibawa kemana-mana. Selain itu, smartphone mendukung banyak pekerjaan dengan adanya banyak fitur dan aplikasi. Banyaknya pekerjaan yang dilakukan, menjadikan baterai smartphone menjadi cepat habis. Agar baterai smartphone tetap awet dan tidak boro, kamu perlu merawat baterai dengan benar. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar baterai smartphone-mu tetap awet.

1. Atur Siklus Pengisian Daya (Charge)

Cara pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengatur siklus pengisian daya (charge). Hal ini perlu dilakukan agar baterai smartphone-mu tetap awet dan tidak mudah rusak. Siklus pengisian daya (charge) baterai smartphone, merujuk pada pengisian daya ketika baterai smartphone telah mencapai 40%. Jika kurang dari itu, baterai akan lebih mudah aus dan cepat boros. Untuk pencabutan daya baterai smartphone, kamu bisa mencabut charger saat baterai smartphone telah terisi sekitar 80% atau lebih. Jika kurang dari itu, baterai akan lebih cepat habis.

Meski banyak smartphone yang telah dibekali sistem menghentikan daya listrik otomatis, saat baterai penuh. Tapi, kamu perlu mengatur siklus pengisian daya bateraimu. Agar baterai smartphone-mu tetap awet dan tidak cepat rusak. 

2. Hindari Penggunaan Smartphone Saat Mengisi Daya (Charge)

Cara lain yang perlu kamu lakukan agar baterai smartphone-mu awet adalah hindari penggunaan smartphone saat mengisi daya. Hal ini dilakukan agar suhu bateraimu tidak cepat panas. Sebab pengisian daya baterai smartphone, biasanya meningkatkan suhu temperatur baterai. Jika smartphone digunakan saat mengisi daya, peningkatan temperatur tersebut akan menyebabkan bateraimu lama-kelamaan aus dan mudah rusak. Selain itu, penggunaan smartphone saat mengisi daya, juga dapat menghilangkan efektivitas penyimpanan baterai. Sehingga baterai smartphone-mu cepat habis walaupun telah terisi penuh sebelumnya.

3. Matikan Notifikasi yang Tidak Terlalu Penting

Agar baterai smartphone-mu tetap awet, kamu perlu mematikan notifikasi yang tidak terlalu penting. Sebab notifikasi yang muncul pada smartphone dapat menyebabkan baterai menjadi cepat habis. Hal ini perlu dilakukan agar baterai smartphone-mu tidak cepat habis. Sehingga baterai smartphone-mu tetap awet terawat dan tidak cepat boros.

4. Hindari Penggunaan Smartphone Sampai Overheat

Smartphone yang digunakan secara terus-menerus akan menyebabkan panas (overheat). Overheat ini perlu dihindari agar baterai smartphone-mu tidak aus dan mudah rusak. Jadi gunakan smartphone-mu secara bijak. Mematikan notifikasi juga merupakan salah satu cara agar smartphone-mu tidak sampai overheat.

5. Gunakan Low Power Mode saat Baterai Hampir Habis

Saat baterai smartphone-mu hampir habis, gunakan low power mode. Mode ini merupakan mode yang dimiliki oleh smartphone sekarang ini. Dimana, mode ini akan menghentikan sejumlah aplikasi yang berjalan pada background smartphone. Sehingga daya bateraimu tetap awet dan tidak boros. Selain itu, low power mode juga berguna untuk merawat baterai smartphone agar tetap awet dan tidak mudah aus. Sebab penggunaan smartphone saat baterai hampir habis, akan menyebabkan smartphone-mu mengalami overheat.

source: https://www.cancuters.com/2023/01/lakukan-5-cara-ini-agar-baterai-smartphone-tetap-awet.html