Jadi Tuan Rumah F1H2O, Ini 8 Tempat Wisata Sekitar Danau Toba Paling Keren! – detikSumut

Indonesia menjadi tuan rumah ke-40 ajang F1 Powerboat (F1H2O) tahun ini. Ajang balap perahu international ini akan diselenggarakan di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara.
Balige merupakan kota tepian Danau Toba dengan panorama yang indah. Untuk sampai ke daerah ini, kamu cukup menempuh 30 menit dari Bandara Silangit, atau kurang 4 jam dari Medan.
Nah, bagi detikers yang menonton ajang F1 H2O, kamu juga dapat menelusuri delapan rekomendasi tempat wisata sekitar Danau Toba berikut. Recommended dan keren semua!
Rekomendasi tempat wisata sekitar Danau Toba pertama adalah Desa Meat. Objek wisata ini terletak di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba.
Saat memasuki Desa Meat, wisatawan akan disuguhkan dengan hamparan sawah membentang yang langsung menghadap Danau Toba. Udara segar pedesaan begitu terasa yang akan membuat wisatawan yang berkunjung dapat melepas penat.
Tak hanya itu, jika diperhatikan lebih detail, rumah warga lokal Desa Meat memiliki alat tenun yang hampir sebagian besar bermatapencaharian sebagai penenun.
Nah, desa ini menawarkan paket wisata, yaitu paket A (1 Hari) yang dipatok seharga Rp665 ribu per orang.
Adapun untuk paket ini menawarkan beragam rute yang menarik, di antaranya spot selfie Tuktuk Simundi, Desa Adat Ragihotang, interaksi dengan penenun, menyusuri persawahan, snack dan makan siang, serta pemandu lokal.
Tak puas hanya sehari? Desa Wisata Meat juga menawarkan paket B (2 Hari 1 Malam) seharga Rp1.460.000 per orang.
Untuk paket B ini, wisatawan akan mendapatkan fasilitas jalan-jalan ke Desa Adat Ragihotang, Interaksi dengan penenun, memasak naniura, spot Tuktuk Simundi, menyusuri persawahan, menyusuri pantai dengan sampan dan diajak merasakan sensasi memandikan kerbau.
Detikers jangan ketinggalan untuk berkunjung ke makam pahlawan Sisingamangaraja XII saat berkunjung ke Balige, Toba. Lokasinya berada di dalam Komplek Taman Makam Pahlawan Sisingamangaraja, di Jalan Soposurung, Kecamatan Balige, Kabupaten Toba Samosir.
Dilansir website direktoripariwisata.id, awalnya makam Sisingamangaraja XII berada di Kota Tarutung. Kemudian, Presiden Soekarno berinisiatif untuk memindahkan makam tersebut ke Balige karena Balige adalah tempat pertama kali meletusnya perang antara pasukan Sisingamangaraja XII dengan pasukan Belanda.
Komplek makam Sisingamangaraja XII cukup asri dan teduh dengan pepehonan rindang yang menaungi komplek makam ini. Pintu masuk areal makam ditandai dengan sebuah gapura dengan pondok kecil beratap ijuk dengan arsitektur rumah adat Batak.
Di dalam komplek makam juga terdapat perpustakaan sekaligus museum Sisingamangaraja yang berisi berbagai biografi Sisingamangaraja XII. Gedung perpustakaan ini dibangun dengan arsitektur khas Batak Toba dan diberi ukiran gorga.
Museum TB Silalahi Centre terletak di Jalan Pagar Batu No. 88, Desa Silalahi, Balige. Ada dua bangunan di museum ini yaitu Museum Batak yang menyimpan berbagai koleksi benda bersejarah, Kemudian ada Museum TB Silalahi yang menyimpan koleksi Letjen TNI (purn) Dr Tiopan Bernhard Silalahi.
Dalam museum ini, detikers dapat melihat koleksi Al-Qur'an yang terbuat dari kulit kayu, Kemudian ada berbagai macam replika Rumah adat yang menggambarkan sejarah tempo dulu.
Selain itu, detikers juga dapat melihat koleksi Tongkat Tunggal Penaluan dengan cerita legendanya yang fenomenal.
Nah, detikers yang ingin masuk dapat merogoh kocek Rp5 ribu-Rp10 ribu per orang.
Desa Tarabunga terletak di tepi Danau Toba di Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba. Desa ini memiliki 5 (lima) dusun, yaitu dusun 1 (satu), dusun 2 (dua), dusun 3 (tiga) , dusun 4 (Empat), dan 5 (Lima).
Desa Tarabunga ini menyajikan atehe (spot foto dan pemandangan alam) yang sangat indah terutama pada saat sore hari terutama saat matahari akan terbenam (sunset). Pastinya objek wisata ini sangat indah dan tidak bisa dilewatkan.
Selain itu, dari puncak Tarabunga detikers dapat melihat keindahan alam yaitu Danau Toba, dengan arah mata angin 360 derajat.
Pengunjung bisa menikmati pemandangan barisan bukit terbentang indah. Bentangan danau biru, serta hamparan sawah yang berada di sisi jalan menuju ke bukit ini.
Adapun biaya masuk untuk objek wisata Desa Tarabunga dipatok seharga Rp20 ribu per orang.
Tempat wisata sekitar Danau Toba berikutnya adalah Bukit Gibeon yang terletak di Desa Sibisa, Kabupaten Toba. Objek wisata ini terkenal dengan air terjun dengan kolam renang yang airnya langsung dari pegunungan di bawahnya. Nah, detikers dapat melakukan wisata religi sekaligus wisata alam, lo.
Bukit Gibeon memiliki luas lahan 20 hektare yang menampilkan banyak bangunan ibadah dengan desain yang indah layaknya kastil istana. Selain itu, detikers dapat melihat pemandangan deretan bukit yang indah.
Nah, detikers yang ingin berwisara dapat merogoh kocek seharga Rp20 ribu per orang dan biaya parkir seharga Rp2 ribu (motor) dan Rp5 ribu (mobil).
Pantai Lumban Bul Bul terletak di Desa Bul Bul, Kecamatan Balige, Toba. Pantai ini terletak tepat di pinggiran Danau Toba.
Berbeda dengan pantai pada umumnya, Pantai Bul Bul memiliki rasa air yang tawar dengan memiliki pasir putih dan landai.
Nah, pantai Lumban Bul Bul sangat cocok sebagai tempat berlibur keluarga. Pantai ini menjadi ikon yang menunjukkan keindahan pesona perbukitan serta pepohonan yang mengelilingi Danau Toba, kemudian juga ada tempat bersantai, Danau Toba dan matahari terbenam.
Selain itu, Pantai Lumban Bulbul memiliki wahana yang dapat dinikmati seperti banana boat, solu-solu, dan kapal yang dapat disewa untuk berkeliling di sekitar Danau Toba.
Adapun tiket untuk masuk ke Pantai Bul Bul ini seharga Rp5 ribu per orang.
Detikers yang berkunjung ke Toba, tak boleh melewatkan pesona Air Terjun Sigura-gura yang terletak di Dusun Sigura-gura, Desa Pintu Pohan Dolok, Kecamatan Pintu Pohan Meranti, Toba.
Air Terjun ini terletak di pinggiran Danau Toba dengan ketinggian 250 m. Detikers dapat merasakan sensasi sejuknya di sekitaran air terjun ini. Tak hanya itu, detikers juga akan melihat panorama alam yang indah dengan pemandangan Danau Toba yang tak jauh dari air terjun ini.
Nah, detikers yang ingin mengunjungi wisata ini tak boleh ketinggalan untuk mengabadikan momen di air terjun raksasa ini.
Detikers yang ingin mengunjungi objek wisata ini cukup merogoh kocek Rp 10 ribu per orang saja.
Mengakhiri daftar rekomendasi tempat wisata sekitar Danau Toba, Taman Eden 100 dapat menjadi pilihan destinasi berlibur masyarakat saat musim libur sekolah.
Terletak di Kecamatan Lumban Julu, Kabupaten Toba, Taman Eden 100 menawarkan pesona alam yang begitu indah di lahan 40 hektare yang dikelilingi oleh 100 jenis pepohonan.
Tentunya, bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Taman Eden 100 dapat menikmati paket wisata lengkap, diantaranya paket wisata Andaliman dan Paket Wisata Edukasi.
Adapun untuk tiket masuk, wisatawan dikenakan biaya Rp10 ribu per orang. Sementara itu, bagi pengunjung yang ingin menggunakan jasa pemandu dapat merogoh kocek Rp100 ribu per jam.
Jadi, bagi detikers yang sedang berada di daerah Balige, sempatkan pula untuk mengunjungi delapan tempat wisata sekitar Danau Toba di atas. Kalau ditanya, kamu paling mau pergi ke mana, nih?

source