Aktivitas Vulkanik Meningkat, Tempat Wisata di Dieng Tetap Buka – detikJateng

Wisatawan yang akan berlibur di dataran tinggi Dieng diimbau tidak perlu panik menyusul naiknya status Gunung Api Dieng menjadi waspada. Saat ini, hanya obyek wisata Kawah Sileri yang dilarang untuk dikunjungi.

“Kami sudah melakukan koordinasi dengan PVMBG (Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi). Jadi saat ini yang tidak boleh dikunjungi itu hanya Kawah Sileri,” kata Plt Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banjarnegara Tursiman saat dihubungi detikJateng, Minggu (15/1/2023).

Sedangkan untuk obyek wisata lainnya di dataran tinggi Dieng, ia memastikan aman untuk dikunjungi wisatawan. Mengingat jarak antara obyek wisata kawah Sileri dengan yang lainnya cukup jauh.

“Saat ini jarak aman di kawah Sileri 1 kilometer. Jadi untuk obyek wisata lain seperti Kawah Sikidang, Komplek Candi Arjuna dan obyek wisata lain masih aman. Jaraknya jauh-jauh,” sambungnya.
Namun demikian, ia tetap mengingatkan agar wisatawan tidak mencoba-coba mendekat ke Kawah Sileri. Kawah tersebut kembali bisa dikunjungi wisatawan menunggu rekomendasi dari pihak PVMBG.

“Untuk kapan kawah Sileri kembali dibuka tentu kami menunggu rekomendasi dari PVMBG. Jadi sekarang wisatawan jangan kesana dulu,” pesannya.

Diberitakan sebelumnya, status gunung api Dieng naik dari normal menjadi waspada. Peningkatan aktivitas gunung api Dieng dari level I (normal) menjadi level II (waspada) sejak Jumat pukul 23.00 WIB.

source