Mengenal Mesin Diesel 4N15 di Mitsubishi Pajero Sport – detikOto

ADVERTISEMENT
Mitsubishi Pajero Sport kini menggendong mesin diesel berkode 4N15 dengan kapasitas 2.400 cc. Mitsubishi menghadirkan mesin diesel 4N15 dengan kapasitas yang lebih kecil dan dibekali teknologi MIVEC.
Sebelumnya, Mitsubishi Pajero Sport generasi kedua yang mulai dijual di Indonesia pada tahun 2009, saat itu dilengkapi mesin 4D56 2.5L DOHC Common Rail Turbocharged and Intercooled, 4 Cylinder In-line. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimum 136 PS dan torsi maksimum 324 Nm.
Kemudian dua tahun berselang, Mitsubishi Motors memberikan tambahan Variable Geometry Turbo (VGT) pada mesin 4D56 2.5-liter DI-D Common Rail ini agar lebih tangguh dan bertenaga namun tetap efisien bahan bakar.
ADVERTISEMENT
SCROLL TO RESUME CONTENT
Namun seiring waktu, mesin diesel 4D56 ini harus memasuki masa-masa akhir. Perlahan Mitsubishi Motors mulai menggantikan dengan mesin yang lebih ramah lingkungan dan lebih irit bahan bakar.
Kini, Mitsubishi menyematkan mesin dengan teknologi yang lebih baru. Mesin 4N15 memiliki kapasitas yang lebih kecil, kompresi lebih rendah tapi tenaganya lebih tinggi dibanding 4D56.
Di Indonesia Pajero Sport yang mendapat mesin ini meliputi varian Dakar Ultimate 4×4, Dakar Ultimate 4×2, dan Dakar 4×2 dengan mesin 4N15 2.4L MIVEC Turbocharged Intercooled. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga besar mencapai 181 PS/3,500rpm. Mesin 4N15 dilengkapi dengan teknologi Variable Geometry Turbo (VGT) yang mampu mengoptimalkan kinerja turbin sehingga mesin semakin prima dan tangguh.
Mitsubishi menyebut, material mesin 4N15 juga lebih ringan sehingga menawarkan performa yang lebih tinggi dan efisiensi lebih baik.
Mesin tersebut juga memiliki teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system). Teknologi MIVEC ini merupakan nama umum untuk semua mesin Mitsubishi yang dilengkapi dengan mekanisme pengaturan valve-timing (waktu bukaan katup udara dalam mesin) yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mesin secara otomatis.
Teknologi untuk mengatur kinerja waktu (valve timing) dan besarnya bukaan katup udara dalam mesin (valve lift) bertujuan menghasilkan tenaga besar, konsumsi bahan bakar efisien, dan emisi gas buang yang rendah.
Sementara itu, Pajero Sport menjadi SUV ladder frame andalan Mitsubishi di Indonesia. Kini, Pajero Sport dibanderol Rp 547,1 juta sampai 730,6 juta. Mitsubishi mengklaim, Pajero Sport memiliki nilai jual kembali yang stabil.
“Segala layanan dan fasilitas yang disediakan oleh Mitsubishi Motors kepada konsumen di Indonesia yang dilengkapi dengan jaringan dealer resmi dan fasilitas perbaikan kendaraan yang tersebar di seluruh Indonesia akan memastikan kualitas produk serta nilai jual kembali kendaraan Mitsubishi tetap tinggi sehingga menjadi nilai investasi yang baik untuk konsumen,” ucap Tetsuhiro Tsuchida, Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI.
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT
ADVERTISEMENT

source