7 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai untuk Tahun Baruan – Kompas.com – Kompas.com

7 Tempat Wisata di Bali Selain Pantai untuk Tahun Baruan

KOMPAS.com – Liburan ke Bali jadi salah satu cara untuk merayakan tahun baru yang tinggal sebentar lagi.
Baca juga:
Namun, Pulau Dewata tidak hanya terkenal akan pantainya. Ada banyak tempat wisata di Bali selain pantai yang bisa didatangi, berikut beberapa di antaranya:

Salah satu koleksi karya seni Museum Pasifika Balidokumentasi Kemenparekraf Salah satu koleksi karya seni Museum Pasifika Bali

Museum Pasifika terletak di Complex Bali Tourism Development Center (BTDC) Area Block P, Nusa Dua, Bali.
Tempat ini terdiri dari delapan paviliun dan 11 ruang pameran yang dibangun di atas lahan seluas 12.000 meter persegi, dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (16/11/2022).
Baca juga: 5 Tempat Wisata di Dekat Lokasi KTT G20 Bali Selain Pantai
Di Museum Pasifika, terdapat 600 karya seni milik 200 seniman dari 25 negara di kawasan Asia Pasifik.
Museum ini buka setiap hari pukul 10.00-18.00 Wita. Tempat ini dilengkapi fasilitas tempat parkir, kafe, dan akses WiFi.


Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (GWK) berlokasi di Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.
GWK adalah patung yang menggambarkan Dewa Wisnu, dalam agama Hindu, yang sedang menaiki burung Garuda. Tinggi patung tersebut mencapai lebih dari 120 meter.
Di sekitar patung terdapat taman budaya berukuran 60 hektar yang bisa dijelajahi. Tempat ini buka setiap hari pukul 09.00-20.00 Wita.
Baca juga: 5 Fakta Garuda Wisnu Kencana di Bali, Salah Satu Patung Tertinggi Dunia

Wahana Skydiving di Trans Studio Bali.Dok. Instagram @ transstudio.bali Wahana Skydiving di Trans Studio Bali.

Trans Studio Bali jadi salah satu tempat wisata terbaru di Bali yang beroperasi mulai Jumat (16/12/2022). Lokasinya di atas Trans Studio Mall di Jalan Imam Bonjol Nomor 440, Denpasar, Bali.
Pengunjung dapat menjajal berbagai wahana dan berfoto di spot Instagramable. 
Baca juga: Trans Studio Bali Resmi Dibuka, Simak Harga Tiket dan Jam Buka
Tempat ini beroperasi pukul 11.00-18.00 Wita tiap hari Senin-Jumat, serta pukul 10.30-19.00 Wita tiap hari Sabtu-Minggu dan hari libur nasional.
Harga tiket masuknya mulai Rp 275.000 untuk orang dewasa dan mulai Rp 150.000 untuk anak berusia satu hingga tujuh tahun.

Wahana Elephant Back Safari  di Bali Safari & Marine Park atau Taman Safari BaliDok. https://www.balisafarimarinepark.com/ Wahana Elephant Back Safari di Bali Safari & Marine Park atau Taman Safari Bali

Wisatawan yang berlibur bersama keluarga bisa mengunjungi Bali Safari & Marine Park di Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Kilometer 19, Gianyar, Bali.
Selain berfungsi sebagai tempat wisata, tempat ini juga digunakan sebagai lokasi konservasi satwa liar, langka, dan terancam punah di Indonesia, dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (6/5/2022).
Baca juga: Panduan Wisata Bali Safari & Marine Park yang Dikunjungi Jokowi
Di tempat ini, terdapat sekitar 120 spesies hewan, di antaranya komodo, orang utan, dan burung jalak bali.
Pengunjung dapat melakukan sejumlah aktivitas di tempat ini, seperti menunggangi gajah, berkeliling menggunakan trem, dan menyaksikan pertunjukan seni.
Tempat ini buka dua kali sehari pukul 09.00-17.30 Wita dan 18.00-21.00 Wita pada hari Senin-Minggu.

Ilustrasi kera di Monkey Forest Ubud di Ubud, Bali.Dok. UNSPLASH/Mathis Jrdl Ilustrasi kera di Monkey Forest Ubud di Ubud, Bali.

Bila berlibur di Ubud, wisatawan bisa mampir ke Monkey Forest Ubud di Jalan Monkey Forest, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali.
Tempat wisata ini terletak di dalam sebuah hutan lindung yang di dalamnya terdapat banyak kera, sebagaimana dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (23/9/2019).
Dilansir dari situs resminya, jenis kera yang terdapat di dalam hutan ini adalah Macaca fascicularis atau kera ekor panjang.
Baca juga: 20 Tempat Wisata di Ubud dan Sekitarnya
Selain melihat kera, di dalam hutan seluas 12,5 hektar ini, pengunjung juga bisa menjumpai Pura Dalem Agung Padangtegal Ubud.
Tempat ini buka setiap hari pukul 09.00-18.00 Wita.
Harga tiket masuk untuk wisatawan nusantara mulai Rp 60.000 untuk orang dewasa dan mulai Rp 40.000 untuk anak pada hari Senin-Sabtu.
Sementara itu, pada hari Minggu, harga tiket masuknya mulai Rp 80.000 untuk orang dewasa dan mulai Rp 60.000 untuk anak.

Bersepeda mengelilingi Kebun Raya Bali.DOK KEBUN RAYA BALI Bersepeda mengelilingi Kebun Raya Bali.

Kebun Raya Bali dapat didatangi di Jalan Kebun Raya, Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.
Buka pukul 08.00-16.00 Wita, Kebun Raya Bali menawarkan beragam kegiatan yang bisa dicoba, dikutip dari Kompas.com, Jumat (2/9/2022).
Baca juga: Seharian di Kebun Raya Bali, Bisa Apa Saja?
Wisatawan bisa berfoto, menikmati suasana, berpiknik, dan menyewa sepeda untuk menjelajahi area kebun.
Mereka juga bisa menjumpai beragam tanaman, mulai dari anggrek hingga kupres.

Bali Collection, pusat perbelanjaan yang terletak di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Nusa Dua, Bali.Dok. bali-collection.com Bali Collection, pusat perbelanjaan yang terletak di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Nusa Dua, Bali.

Di Nusa Dua, terdapat pusat perbelanjaan bernama Bali Collection. Letaknya di Kawasan Pariwisata Nusa Dua, Nusa Dua, Bali.
Dilansir dari Kompas.com, Rabu (16/11/2022), tempat ini memiliki luas delapan hektar dan berada di dekat hotel bintang lima.
Baca juga: 30 Tempat Wisata di Bali Barat, Jelajahi Pantai yang Masih Asri
Pengunjung dapat berwisata kuliner dan menikmati fasilitas spa.
Tempat ini buka setiap hari pukul 10.00-23.00 Wita.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.
Kompas.com menggunakan cookie browser untuk meningkatkan performa, kenyamanan dan menganalisa website.

source