6 Tempat Wisata Dekat Taman Gajah Tangerang, Bisa Jalan Kaki – Kompas.com – Kompas.com

6 Tempat Wisata Dekat Taman Gajah Tangerang, Bisa Jalan Kaki

KOMPAS.com – Wilayah Kota Tangerang, Banten, memiliki sejumlah taman ramah anak yang pas untuk dikunjungi keluarga saat liburan. Salah satunya adalah Taman Gajah Tunggal.
Taman yang diresmikan tahun 2017 ini berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Babakan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang, Banten.
Baca juga:
Bila sudah puas menghabiskan waktu di taman tersebut, wisatawan bisa mampir ke sejumlah tempat wisata lainnya yang berlokasi tidak jauh bahkan ada juga yang bisa dicapai dengan berjalan kaki.

Kampung Bekelir, kampung kumuh yang kini telah bertransformasi menjadi kampung warna-warni yang instagramable, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018). KOMPAS.com/ANGGITA MUSLIMAH Kampung Bekelir, kampung kumuh yang kini telah bertransformasi menjadi kampung warna-warni yang instagramable, di Kelurahan Babakan, Kota Tangerang, Minggu (30/9/2018).

Kampung Bekelir memiliki jarak 270 meter dari Taman Gajah Tunggal dengan lama berjalan kaki hampir lima menit. Dari taman tersebut, wisatawan tinggal berjalan lurus di tepi Sungai Cisadane.
Beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kampung Bekelir dulunya merupakan kampung kumuh yang kemudian diubah menjadi kawasan dengan berbagai spot Instagramable.
Baca juga: Kampung Bekelir, Spot Instagramable dan Edukatif Baru di Tangerang

Ilustrasi Taman Bambu di Kota Tangerang, Banten.Dok. Shutterstock/GeorginaCaptures Ilustrasi Taman Bambu di Kota Tangerang, Banten.

Taman Bambu berjarak sekitar 650 meter dari Taman Gajah Tunggal. Wisatawan bisa mencapainya dengan berjalan kaki hampir 10 menit dan tidak perlu menyeberang.
Sesuai namanya, terdapat pepohonan bambu dan jembatan yang terbuat dari bambu di taman ini. Pengunjung pun bisa berjalan santai sembari menikmati suasana.
Baca juga: 5 Wisata Alam di Tangerang, Cocok untuk Healing


Wisatawan yang ingin berbelanja bisa mampir ke Tangcity Mall. Pusat perbelanjaan ini berada sekitar 800 meter dari Taman Gajah Tunggal sehingga bisa dicapai dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. 
Terdapat beragam restoran dan pertokoan di tempat ini. Tangcity Mall juga menjadi salah satu titik pemberhentian Bus Rapid Trans (BRT) Tangerang Ayo (Tayo) atau Bus Tayo Tangerang.
Baca juga: Cara ke Taman Gajah Tunggal di Tangerang Naik Bus Tayo

Taman PotretDok. Shutterstock/Lia Herawati Taman Potret

Setelah mengunjungi Taman Bambu, wisatawan bisa menyeberangi Jalan Perintis Kemerdekaan untuk tiba di Taman Potret.
Ruang terbuka hijau tanpa tiket masuk ini terletak sejauh 950 meter dari Taman Gajah Tunggal dengan durasi berjalan kaki selama kira-kira 15 menit. 
Beragam aktivitas bisa dilakukan di Taman Potret, antara lain berolahraga, berfoto-foto di depan sejumlah patung, wisata kuliner, dan bersantai.

Bagian tengah bangunan Museum Benteng Heritage di Pasar Lama, Kota Tangerang, Banten.KOMPAS/RADITYA HELABUMI Bagian tengah bangunan Museum Benteng Heritage di Pasar Lama, Kota Tangerang, Banten.

Museum Benteng Heritage berjarak 1,5 kilometer dari Taman Gajah Tunggal, jadi wisatawan dianjurkan untuk berkendara selama sekitar 15 menit agar bisa sampai di lokasi. 
Terletak di kawasan Pasar Lama Tangerang, museum ini dikenal sebagai museum warisan budaya peranakan yang didirikan tahun 2011. Di tempat ini, wisatawan bisa mengetahui lebih jauh soal sejarah kaum Tionghoa di Tangerang.
Baca juga: Museum Benteng Heritage, Museum Tionghoa Pertama di Indonesia

Suasana kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang Suasana kawasan kuliner Pasar Lama Tangerang

Wisatawan yang ingin berbelanja atau berwisata kuliner pada malam hari bisa berkunjung ke kawasan Pasar Lama Tangerang. 
Jarak dari Taman Gajah Tunggal ke Pasar Lama Tangerang mencapai 2,4 kilometer dengan lama berkendara sekitar 20 menit. 
Beragam hidangan bisa ditemukan di kawasan ini, mulai dari hidangan Indonesia hingga Korea.
Baca juga: 3 Tempat Wisata Bersejarah di Pasar Lama Tangerang

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!
Dapatkan informasi dan insight pilihan redaksi Kompas.com
Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.
Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.
Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.
Kompas.com menggunakan cookie browser untuk meningkatkan performa, kenyamanan dan menganalisa website.

source